Begini Cara Meminimalisir Terjadinya Gangguan Pada Rantai Bisnis E-Commerce

Begini Cara Meminimalisir Terjadinya Gangguan Pada Rantai Bisnis E-Commerce

 Di era yang serba canggih ini, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan barang-barang kebutuhannya melalui bisnis online e-commerce. Tidak lagi seperti di era tradisional yang mengharuskan mereka untuk berjalan atau berkunjung langsung ke toko / mall dekat rumah, saat ini hanya dengan mengklik smartphone-nya semua akan beres. Kemudahan ini tentunya didukung oleh rantai bisnis E-commerce (e commerce chain business) yang terkoordinasi dengan baik, sehingga pesanan produk dapat tersalurkan secara cepat dan baik ke tangan para konsumen.

Namun, kemudahan ini dapat dengan mudah berakhir apabila rantai bisnis e-commerce mendapat gangguan seperti terjadinya bencana alam ataupun pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini. Tentunya adanya gangguan ini akan menimbulkan banyak pihak, termasuk para pemilik bisnis karena mereka khawatir bagaimana cara mempertahankan bisnisnya agar berjalan dengan baik. Tidak hanya pada bisnis kecil, mungkin saja gangguan ini juga akan berdampak pada skala bisnis yang besar.

Rantai Bisnis E-Commerce (Ecommerce Chain Business) merupakan suatu jaringan, organisasi, serta proses kegiatan yang dilakukan untuk memindahkan produk dari pemilik usaha kepada pelanggan akhir atau pelanggan. Jika rantai ini mengalami gangguan, maka segala proses aktivitas operasional tentang pemindahan produk juga akan tidak berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah jenis-jenis gangguan yang bisa mempengaruhi kelancaran Rantai Bisnis E-Commerce (Ecommerce Chain Business):

  1. Terjadinya Pandemi

Terjadinya pandemic Covid-19 beberapa bulan terakhir ini mempengaruhi banyak sekali pelaku bisnis sehingga mereka harus mengubah operasi normal di setiap tahap jalur produksi.

  1. Terjadinya Bencana Alam

Seringkali terjadinya bencana alam yang tidak terdeteksi ini menjadi perhatian lebih karena adanya ketergantungan rantai bisnis pada daerah yang terkena dampak.

  1. Permasalahan Produk

Manajemen kualitas sebanding dengan manajemen rantai bisnis, sehingga jika ada permasalahan pada suatu produk akan berdampak pada rangkaian proses pemindahan produk ke pelanggan akhir. Maka dari itu, penting sekali untuk menciptakan sistem manajemen yang baik agar dapat memuaskan para pelanggan.

Dari ketiga jenis gangguan tersebut jika tidak diatasi dengan baik maka akan berakibat fatal bagi bisnis seseorang. Maka dari itu, perlu adanya pertimbangan untuk menghadapi gangguan-gangguan tersebut agar bisnis tetap berjalan dengan lancar. Salah satu cara yang bisa kalian gunakan adalah bekerjasama dengan perusahan penyedia fulfillment center karena biasanya mereka sudah memiliki perencanaan serta prosedur untuk menghadapi segala macam bentuk gangguan maupun situasi darurat. Tidak hanya itu saja, perusahan penyedia jasa ini biasanya juga sudah berkolaborasi dengan beberapa rekan logistic dengan baik sehingga lebih memudahkan para pelaku bisnis dalam proses pencarian solusi alternatif daam pengiriman barang, baik dalam situasi apapun. Salah satu perusahaan penyedia jasa fulfillment center yang sudah profesional dan memiliki kualitas baik adalah Haistar.