Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Asupan nutrisi harus dijamin demi kesehatan tubuh yang prima. Zat besi adalah komponen gizi yang harus dipenuhi karena peran pentingnya dalam mendukung terbentuknya hemoglobin pada sel darah merah. Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung zat besi dalam kadar tinggi. Jika mengonsumsi makanan ini, maka kebutuhan zat besi akan terpenuhi dengan efektif.

  1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau tua yang kaya zat besi. Perlu diketahui, terdapat 2,71 miligram zat besi dalam setiap 100 gram bayam. Bayam juga kaya vitamin C yang memudahkan proses penyerapan zat besi dari bayam ke tubuh. Kabar baiknya, terdapat zat antioksidan dalam bayam.

  1. Brokoli

Berikutnya adalah brokoli yang dikenal dengan warna hijau tuanya. Dalam satu wadah berisi 156 gram brokoli, terdapat sebanyak 1 mg zat besi. Sama seperti bayam, brokoli juga mengandung vitamin C yang mengoptimalkan proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

  1. Kacang Merah

Jenis kacang-kacangan juga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Kali ini, kacang merah sangat direkomendasikan untuk memenuhi asupan zat besi. Sebanyak satu cangkir kacang merah, terdapat sebanyak 5,2 miligram zat besi. Kandungan vitamin C yang mendukung penyerapan zat besi juga memadai.

  1. Tempe dan Tahu

Produk olahan kedelai berupa tempe dan tahu juga mengandung zat besi tinggi. sebanyak 100 mg tempe mengandung 2 miligram zat besi. Sebanyak ½ mangkok tahu terdapat 3 miligram zat besi. Kedua produk olahan ini sangat mudah diolah untuk dijadikan lauk lezat. Anda bisa menggoreng, mengukus, atau memanggangnya. Bahkan, kedua jenis makanan ini bisa disayur.

  1. Ikan Salmon dan Tuna

Apakah Anda penggemar ikan? Kabar baiknya, ikan salmon sangat kaya zat besi. Dagingnya sangat lembut dan rasanya lezat. Jika ingin variasi lain, maka ikan tuna bisa jadi solusi. Tidak kalah banyaknya, ikan tuna juga mengandung 1,4 miligram zat besi setiap 3 ons dagingnya.

  1. Daging Merah

Daging merah ini termasuk bahan makanan yang sehat. Kandungan zat besinya juga tinggi yaitu sebanyak 100 gram daging merah mengandung sebanyak 2,7 miligram zat besi. Agar layak konsumsi, pilihlah daging merah yang masih segar dan masaklah dengan higienis sampai benar-benar matang.

  1. Hati Sapi

Hati sapi adalah sumber makanan sehat yang mampu mencukupi kebutuhan zat besi. Kandungan zat besinya sangat tinggi. Sebanyak 100 gram hati sapi mengandung sebanyak 6,5 miligram zat besi. Meskipun demikian, konsumsilah dengan bijak agar tidak melampaui batas karena hati sapi ini juga mengandung kolesterol.

  1. Tiram

Untuk Anda penyuka seafood, tiram bisa memenuhi asupan zat besi secara optimal. Kandungan zat besinya yang tinggi akan mendukung kelancaran sirkulasi darah. Dalam 100 gram tiram, terdapat sebanyak 5 miligram zat besi.

  1. Makanan dari Gandum Utuh

Makanan berikutnya yang direkomendasikan adalah sumber makanan dari gandum utuh. Anda dapat mengonsumsi roti gandum, sereal, dan oatmeal. Semua jenis makanan ini mengandung zat besi dan sangat baik untuk menu sarapan.

Cara pengolahannya juga mudah. Bahkan, roti gandum ini juga bisa disajikan praktis dengan selai. Untuk varian lain, Anda bisa membuatnya jadi roti bakar. Untuk sereal, Anda dapat menambahkan susu dan juga buah-buahan segar di atasnya, misalnya stroberi, bluberi, atau nangka.

Itulah berbagai makanan yang mengandung zat besi tinggi. Anda dapat mengonsumsinya sesuai selera. Pastikan mengonsumsinya secara teratur demi mendapatkan asupan zat besi terbaik dan memadai untuk kebutuhan tubuh.