Jangan Panik, Ini 5 Cara Menghadapi Kontraksi dengan Alami

Jangan Panik, Ini 5 Cara Menghadapi Kontraksi dengan Alami

Terjadinya kontraksi merupakan hal normal yang terjadi jelang kelahiran, karena janin yang berada dalam kandungan sedang berusaha mencari jalan lahirnya. Namun, tetap saja terjadinya kontraksi memicu rasa sakit, serta mungkin rasa panik khususnya bagi wanita yang baru kali pertama hamil. Bagi Anda yang sedang hamil, alih-alih panik, ikuti saja 5 cara menghadapi kontraksi berikut ini.  

  1. Aktif Bergerak

Kala kontraksi jelang kelahiran dirasakan, maka Anda disarankan untuk terus bergerak aktif. Bergerak aktif maksudnya bukan dengan berlari ya. Anda bisa berjalan santai, menggoyangkan badan bagian bawah, atau dengan duduk sambil menggoyangkan pinggul di atas birthing ball. Ini dilakukan untuk memudahkan pergerakan dan rotasi janin dalam rahim untuk menemukan jalan lahirnya. 

  1. Menerapkan Teknik Pernapasan untuk Mengontrol Kontraksi

Saat Anda mengalami kontraksi, maka Anda bisa langsung menerapkan teknik pernapasan yang bisa memberikan efek relaksasi saat melahirkan nanti. Teknik pernapasan ini juga akan membuat Anda bisa mengontrol kontraksi saat tengah bersalin. Salah satu teknik pernapasan yang bisa Anda terapkan adalah teknik pernapasan ‘pendek-pendek-panjang’.

Teknik pernapasan ‘pendek-pendek-panjang’ ini dimulai dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung. Kemudian, keluarkan napas melalui mulut dalam 3 kali hembusan, yaitu 2 hembusan pendek dan 1 hembusan panjang. Dalam kurun waktu 1 menit, Anda akan bisa lakukan teknik pernapasan ini sebanyak 6 kali.

  1. Usahakan untuk Tetap Rileks

Rasa panik saat mengalami kontraksi hanya akan membuat Anda mengalami kesulitan saat melalui proses persalinan. Maka dari itu, usahakan untuk tetap membuat tubuh dan pikiran Anda dalam keadaan rileks. Dibandingkan memikirkan rasa sakit melahirkan yang hanya akan membuat tambah panik, coba bayangkan suka cita yang akan dirasakan setelah buah hati lahir nantinya.

  1. Berendam dengan Air Hangat

Rasa sakit yang Anda rasakan kala mengalami kontraksi jelang melahirkan bisa diminimalisasi dengan cara berendam di dalam air hangat. Anda bisa berendam di dalam air hangat dengan suhu sekitar 35 hingga 37 derajat Celcius, untuk mendapatkan efek relaksasinya. Mandi dengan air hangat melalui shower juga akan memberikan efek pijatan yang terasa lembut di permukaan kulit Anda.

  1. Pijatan Lembut di Tubuh

Saat mengalami kontraksi, Anda minta suami atau anggota keluarga lain untuk memijat bagian tubuh, seperti kaki, tangan, atau dahi. Pijatan yang Anda terima, akan bisa mendistraksi Anda dari rasa sakit yang ditimbulkan oleh kontraksi. Selain itu, Anda juga akan merasa rileks dan lebih nyaman, karena merasakan kasih sayang dan perhatian dari banyak orang melalui pijatan tersebut.

Panik bukanlah cara yang tepat menyambut datangnya kontraksi jelang kelahiran buah hati Anda. Jika Anda merasa panik, maka rasa sakit yang ditimbulkan oleh kontraksi bisa jadi terasa dua kali lipat lebih menyakitkan. Tetaplah tenang dan lakukan 5 cara menghadapi kontraksi di atas, sehingga Anda bisa tetap rileks dan bisa melahirkan dengan lancar dan nyaman.