Kenali Aneka Pakaian Muslim Pria di Indonesia

Kenali Aneka Pakaian Muslim Pria di IndonesiaBerbicara pakaian muslim pria pasti akan langsung terpikir dengan baju koko sebab pakaian tersebut kerap digunakan pria muslim dalam perayaan hari raya. Meski demikian ternyata dalam sejarahnya, baju koko sama sekali tidak mewakili identitas agama melainkan identitas budaya.

Baju Koko dulunya bernama baju Tui Khim kerap dipakai keturunan Tionghoa sebelum populer dipakai orang Betawi dengan nama Baju Tikim. Baju koko putih berlengan panjang dab celana komprang menjadi pakaian sehari-hari orang Betawi. Namun bagaimanapun sejarahnya baju koko kini banyak digunakan saat beribadah sama halnya dengan baju takwa yang berasal dari surjan yakni baju khas jawa.

Aneka Baju Koko

Seiring perkembangan tren fashion, baju koko yang dulunya hanya ada satu model saja, kini sudah beragam model. Dulu baju koko atau baju Tikim yang dikenakan orang Betawi adalah baju berlengan panjang dan berwarna putih. Yang membedakan satu baju koko adalah perbedaan bahan dan detail bordir pada bagian depan baju.

Saat ini beragam model dapat ditemukan. Mengenakan baju koko jadi kian modis dengan sentuhan desainer pakaian yang inovatif. Mulai dari aneka warna yang kian beragam mulai dari warna monokrom hingga yang terang. Hingga bentuk atau potongan yang didesain kian menarik. Berikut beberapa ragam baju koko yang dapat menjadi koleksi pakaian Anda baik untuk digunakan sehari-hari maupun untuk perayaan keagamaan.

  • Aneka Kerah Baju Koko

Baju koko awalnya menggunakan kerah sanghai sebagaimana pakaian tradisional negeri tirai bambu. Namun kondisi iklim Indonesia membuat kerah sanghai kurang nyaman digunakan karenanya muncul inovasi mengubah kerah pada baju koko. Ada kerah bulat dan kerah V yang memberi ruang pada bagian leher. Kerah ini juga menjawab kebutuhan pria berleher besar yang merasa tercekik menggunakan kerah leher sanghai.

  • Aneka Lengan Baju Koko

Baju koko dapat dijumpai dengan lengan panjang maupun pendek.  Baju koko berlengan pendek sebelumnya tidak banyak digunakan. Namun seiring pemakaian untuk kegiatan sehari-hari baju berlengan pendek dirasa lebih nyaman digunakan. Dalam penggunaannya baju koko berlengan panjang digunakan untuk menjalankan ibadah, salat jamaah maupun dalam perayaan lebaran. Sementara baju koko berlengan pendek digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

  • Baju Koko Panjang

Baju koko yang awalnya baju Tikim berukuran panjang hingga sepinggang. Dalam perkembangannya baju koko yang sering diidentikkan dengan pakaian muslim terpengaruh dengan pakaian timur tengah yang identik dengan muslim. Karena itu muncullah baju koko panjang yang panjangnya hingga semata kaki menyerupai gamis. Karena umkuran yamg panjang, menggunakan baju ini tidak perlu lagi menggunakan bawahan celana panjang. Gamis sendiri sudah biasa dipakai kaum muslim timur tengah dalam kegiatan sehari-hari, namun di Indonesia masih digunakan sebatas untuk beribadah.

  • Baju Koko ¾

Ada pula baju koko yang panjangnya tidak sepanjang gamis namun lebih panjang dari baju koko biasa. Baju koko ¾ memiliki panjangnya hingga mencapai ke dengkul. Baju koko dengan panjang sedengkul ini terpengaruh dengan perpaduan dari negara-negara Asia Tengah, seperti India, Afganistan, Pakistan dan sebagainya. Di Asia tengah pakaian muslim denhan panjang sedengkul ini disebut dengan Kurta.

Demikian tentang baju koko yang ternyata berasal dari negara Tirai Bambu. Baju koko yang tertutup dan longgar nyaman digunakan dan sesuai dengan syariat sehingga tidak salah jika digunakan dan identik dengan pakaian muslim.