Cara Tepat Merawat Bayi Berusia 1-3 Bulan

Cara Tepat Merawat Bayi Berusia 1-3 BulanBayi akan berkembang dari masa ke masa. Oleh karena itu orang tua juga akan menemui berbagai kendala yang berbeda-beda. Metode perawatan bayi yang baru lahir tentunya berbeda dengan cara merawat bayi usia sekitar 1-3 bulan. Ada beberapa hal yang peru Anda perhatikan agar perkembangan bayi tidak terhambat serta tumbuh optimal.

Menurut dokter Rini Sekartini spesialis anak, bayi di awal kehidupan hanya melakukan minum ASI, tidur, menangis, dan mengompol. Kemudian bayi akan belajar merespons segala sesuatu dan cenderung lebih waspada. Bayi akan dapat menggerakkan tubuh dan mengkoordinasi pergerakan dengan baik secara bertahap.

Dengan demikian, sebagai orang tua khususnya pasangan muda yang baru memiliki anak pertama, hendaknya memiiki kesabaran menghadapi bayi Anda. Sebagai orang tua Anda perlu memperhatikan bagaimana cara merawat buah hati di awal-awal perkembangan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat bayi.

Memantau perubahan berat badan bayi

Tubuh bayi memiliki cairan dalam jaringan tubuhnya yang banyak volumenya. Oleh karena itu dalam beberapa hari awal lahir, berat badan bayi akan berkurang sekitar 0,1 %. Namun dalam beberapa hari selanjutnya, bayi akan mengalami kenaikan berat badan menuju berat awal ketika lahir. Jadi, pada hari-hari awal bulan kelahiran, orang tua perlu mencermati berat badan bayi. Jika bayi mengalami perubahan berat badan yang mencurigakan, sebaiknya orang tua hubungi dokter anak atau dokter ahli gizi.

Kebersihan tali pusar perlu dijaga dan diperhatikan

Umumnya bayi yang baru lahir tali pusar masih bersifat basah. Pada usia 7 hari, tali pusar akan mengering lalu lepas dengan sendirinya. Meskipun demikian, ada beberapa bayi yang memperpanjang masa tali pusar lepas. cara merawat tali pusar secara medis, tali pusar tidak perlu dicuci dengan cairan pembersih sabun, atau zat apapun, tetapi cukup dijaga tetap bersih dan kering.

Untuk menjaga kebersihan tali pusar, ketika memakaikan popok pada bayi, usahakan tali pusar tidak ikut masuk dalam popok. Hal ini dikhawatirkan kotoran feses atau urin mengontaminasi tali pusar. Jika dibiarkan, tali pusar dapat mengalami infeksi yang berakibat berbau, bernanah, memerah, dan nyeri saat ditekan. Cara merawat bayi ini perlu diperhatikan agar bayi tidak kesakitan.

Cukupkan waktu tidur bayi

Umumnya bayi tidur sehari sampai 20 jam. Hal yang perlu diperhatikan, bayi ditidurkan dengan alas tidur yang rata serta tidak terlalu lembut. Untuk menghindari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), hindari pemakaian benda yang sekiranya dapat menutup kepala bayi. Usahakan ruangan tidur bersuhu sejuk tidak terlalu dingin atau panas serta ventilasi udara yang baik.

Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu Anda rawat seperti memandikan bayi, membersihkan popok bayi, mengatur pola BAK dan BAB, serta membersihkan mata, telinga, dan hidung. Tetapi pembahasan kLi ini hanya membahas cara yang paling sering membuat ibu bingung meski hanya sederhana  Demikian beberapa cara merawat bayi yang tepat dan benar. Semoga bermanfaat!